Image 1. Kocor

Kocor, makanan khas daerah yang terkenal dengan Karapan Sapinya itu. Kocor adalah jajan gorengan yang terbuat dari gula aren atau gula dari air pohon siwalan dicampur tepung ini. Makanan ini seolah-olah menjadi makanan pokok hampir di semua rumah tangga di Madura saat lebaran tiba.

Image  2. Nasi Serpang

Nasi serpang terdiri dari nasi putih, sayur krecek dan tahu, pepes ikan tongkol, sepotong telur asin, dendeng kering, kerang, peyek udang dan dilengkapi dengan sambal terasi. Biasanya nasi ini dibungkus dengan bungkusan kertas yang dikasih daun pisang di dalamnya. Cara menjualnya pun sederhana, dengan semacam lapak kecil di pinggir jalan, ada yang pakai tenda atau payung.

Image 3. Nasi Jagung

Sego jagung atau nasi jagung adalah salah satu jenis masakan khas warga Jawa Timur, khususnya daerah Madura.
Sego jagung bagi warga Madura dikenal dengan nama Nasek Ampog. Nasi ini terdiri dari beras putih yang dicampur dengan biji jagung pipilan yang dimasak secara bersamaan.

Image 4. Sate Madura

Sate Madura adalah sate khas Madura. Sate Madura biasanya terbuat dari ayam. Madura selain terkenal sebagai pulau garam, juga terkenal dengan satenya. Sate madura sudah terkenal di seluruh Nusantara, Sate Madura dapat ditemukan hampir di semua daerah khususnya di kota besar seperti Medan, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Konon di Madura sendiri sate susah dicari. Tetapi selain ayam sebagai bahan utama sate juga ada yang menggunakan kambing yang ditandai dengan digantungnya bagian kaki belakang si kambing di rombong sang penjual sate. Bumbunya adalah campuran kacang yang ditumbuk halus petis dan sedikit bawang merah. Memanggangnya dengan api dari batok kelapa yang dihanguskan lebih dulu yang disebut dengan arang batok kelapa. Rasanya gurih tapi dipantangkan kepada mereka yang berkolesterol tinggi dan yang pengidap asam urat akut.

Image 5. Topak Ladeh

Topak Ladeh yaitu irisan lontong dipadu dengan sayur lodeh khas madura berupa sayur kental berwarna abu-abu di campur kacang panjang yang sudah empuk, ada juga irisan tahu yang sudah dimasak dengan bumbu cabai dan atasnya diberi taburan sambal bubuk dari rempah-rempah dan kedelai bubuk. Dengan beralaskan daun pisang saya menikmatinya.

About triiyuliianii

Stop Dreaming then Make It Happen !!!

Leave a comment