1. Papeda

papeda  Papeda atau bubur sagu, merupakan makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua. Makanan ini terdapat di hampir semua daerah di Maluku dan Papua. Papeda dibuat dari tepung sagu. Pembuatnya para penduduk di pedalaman Papua. Tepung sagu dibuat dengan cara menokok batang sagu. Pohon yang bagus untuk dibuat sagu adalah pohon yang berumur antara tiga hingga lima tahun. Mula-mula pokok sagu dipotong. Lalu bonggolnya diperas hingga sari patinya keluar. Dari sari pati ini diperoleh tepung sagu murni yang siap diolah. Tepung sagu kemudian disimpan di dalam alat yang disebut tumang. Papeda biasanya disantap bersama kuah kuning, yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit dan jeruk nipis.

2. Kue Sagu atau Bagea

bagea Kue Bagea. Kue khas Ternate ini meskipun sedikit keras, namun ketika Anda mulai menggigitnya dan mengenai butiran kenari, maka sensasi kue ini bisa jadi membuat Anda tak berhenti mengunyahnya. Berbahan dasar tepung sagu dengan campuran kenari, membuat makanan ini kerap menjadi referensi oleh-oleh saat Anda berkunjung ke Ternate. Saat ini Bagea tak hanya dikemas dengan menggunakan daun kering tapi juga dengan kemasan karton yang cantik serta cocok untuk oleh oleh.

3. Ikan Kuah Kuning

ikankk ikan kuah kuning adalah sebuah masakan yang berbahan dasar ikan dan berkuah kuning. Ikan kuah kuning adalah teman dan juga pasangan wajib dari papeda, dimana ada papeda disitu ada ikan kuah kuning. Berbahan dasar ikan cakalang atau tuna, ikan kuah kuning akan dengan mudah kita temukan di warung-ewarung makan yang ada di papua yang menjual papeda, jadi saat anda sedang ke papua sepertinya anda wajib menikmati ikan kuah kuning ini, karena kalau anda menikmati ikan kuah kuning anda juga pasti menikmati papeda jadi sekali dayung 2 3 pulau terlampaui.

4. Ikan Bakar Manokwari

ikan bakar Sesuai dengan namanya, Ikan Bakar Manokwari adalah makanan khas Manokwari, Papua. Tidak seperti ikan bakar yang biasa kita temui di kebanyakan warung ataupun rumah makan, ikan bakar ini memiliki rasa khas yang bisa membuat lidah bergoyang karena tambahan sambal khas Papua yang disiramkan di atasnya. Ikan yang biasa dijadikan bahan masakan ini adalah ikan tongkol.

5. Sagu Lempeng

sagu Sagu lempeng adalah salah satu jenis makanan yang prosespemasakannya dengan caradibakar di dalam cetakan yangterbuat dari batu atau tanah liatyang disebut dengan forna.Sehingga menghasilkan lempengansagu berwarna kecokelatan.Tapi kini sagu lempeng tidak hanyaberwarna kecokelatan saja, tapiada juga yang berwarna merahmuda agar tampilannya lebihmenarik. Sagu lempeng biasanyadimakan sebagai camilan ringanbersama dengan kopi atau pun teh

About these ads

About triiyuliianii

Stop Dreaming then Make It Happen !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s